Jenguk iklan kat sini

Khamis, September 29, 2011

10 CARA BERKOMUNIKASI DENGAN ANAK





Berikut 10 cara sederhana yang dapat Anda terapkan untuk berkomunikasi dengan anak dan membuatkan anak mahu mendengar perkataan Anda, dan menceritakan pengalamannya.

1. Jadi pendengar yang baik
 Bila anak ingin menceritakan sesuatu hal, hentikan kegiatan yang sedang anda lakukan saat itu. Jika tidak, anak akan merasa tak dipedulikan dan mengangggap anda tak punya waktu untuknya. Hindari pula memotong pembicaraannya. Biarkan anak mengungkapkan perasaan marah, ketakutan, kegembiraannya, atau sekadar berkomentar. Di lain waktu, giliran anak mendengar perkataan Anda dan tidak ada salahnya Anda bercerita tentang topik yang sesuai untuk usianya. Menjadi pendengar yang baik serta perhatian yang Anda berikan merupakan pemberian yang terbaik bagi anak-anak.

Berikut ini contoh kata-kata yang memperlihatkan pada anak betapa Anda serius mendengarkan apa yang dikatakan atau diceritakannya:

* Oh ye ke, kemudian?  
* Mama mengerti.
* Wow!  
* Wah, hebat sekali!  
* Ya, Mama mengerti perasaan kamu.
* Teruskan luahan kamu kamu, keluarkan apa yang kamu pendam.

2.
Dua arah
Bila berbicara pada anak, beri mereka pilihan. Biarkan mereka merasa sedang berbual dengan Anda, bukan sedang diarah. Ciptakan komunikasi dua arah, bukan komunikasi satu arah.

3.
Tenang, jujur
Hindari mengucapkan kata-kata yang tidak sepatutnya sebagai ungkapan rasa marah dan kecewa. Anak akan belajar menjadi pendengar yang baik dan percaya pada apa yang Anda katakan bila Anda berbicara dengan benar, jujur, dan tenang.  Rasa percaya dan menghormati datang dari kejujuran dan ketulusan. Bila Anda tidak bersungguh-sungguh, jangan katakan hal yang tidak perlu Anda katakan.

4.
Beri sokongan
Bila anak percayakan anda dan ceritakan pada Anda, mereka harus merasa lega, merasakan sokongan Anda, dan bersemangat. Jangan buat mereka merasa bersalah atau kecewa. Bila anak datang kepada Anda dan menceritakan masalah yang dihadapinya, dengarkan dengan penuh perhatian dan beri sokongan melalui kata-kata contohnya:

* Mama/Papa yakin kamu dapat mengatasinya.
* Setiap masalah pasti ada jalan keluarnya, termasuk masalah yang kamu hadapi.
* Pikirkan dengan matang-matang. Kamu harus betul-betul memahaminya.
* Mama ada di sini untuk membantumu.
* Mama pun dulu pernah mengalaminya waktu Mama seusia kamu.

5.
Tempatkan diri
Usahakan untuk melepaskan sikap sebagai orang tua saat mendengarkan curahan anak dan cubalah menempatkan diri pada posisi anak. Fikir dan rasakan betapa sulitnya bagi anak untuk mengutarakan masalah yang dihadapinya dan fikirkan matang-matang sebelum memberi reaksi atau pendapat.

6.
Elakkan hujanan soalan
Usahakan agar tidak menguasai pembicaraan. Bila anak merasa Anda terlalu cerewet atau kecewa dengan ceritanya, kemungkinan di lain waktu bila dia mempunya masalah, anak sukar menceritakannya kepada Anda. Sebagai orangtua, tentu ada saatnya di mana harus membahas permasalahan yang dihadapi anak. Pastikan Anda membahas masalahnya.

7.
Tidak memanjangkan isu
Usai ia bercerita, tidak memanjangkan isu tersebut. Hal ini akan membuat anak yakin, Anda peduli akan kesulitannya, mau membantu, sekaligus memberi kesempatan pada Anda untuk masuk ke dalam dunianya.

8.
Luangkan waktu
Ibu bapa yang sibuk tidak selalu merupakan orang tua yang buruk.
Lakukan segala sesuatu secara spontan, seperti pergi menonton wayang ataupun berolahraga bersama. Tetap luangkan waktu, walau sedikit, untuk buah hati tercinta.

9.
Minta maaf bila salah
Bila Anda mengatakan atau melakukan sesuatu yang mungkin tidak seharusnya dikatakan/dilakukan, jangan ragu atau malu meminta maaf pada anak. Akui bahwa Anda pun hanya manusia biasa yang bisa melakukan kesalahan.

10.
Cintai buah hati Anda
Katakan pada anak (tanpa pernah merasa bosan), betapa Anda menyayanginya dan tunjukkan perlakuan yang penuh kasih sayang. Beri ia perhatian, persis seperti saat ia masih bayi yang belum tahu apa-apa. Perlihatkan padanya, bagi Anda tidak ada yang lebih penting selain berada bersamanya.



I REALLY LOVE MY KIDS

Tiada ulasan:

Catat Ulasan